APA? KELAS NDP MENCIPTAKAN PEMIMPIN MASA DEPAN?

 


Pada suatu siang, di dalam forum kelas  NDP( Nilai-nilai Dasar Perjuangan) yang diinisiasi oleh kawan-kawan organisasi dan para senior senior. Mestinya organisasi yang tak asing lagi. Organisasi mahasiswa islam tertua di bumi nusantara ini, saya bertemu dengan beberapa orang di dalam forum ini minggu, yaaa bebera sebagian dari orang- orang yang ada di forum ini, artinya tak asing lagi wajah mereka walau hanya beberapa kali saja bertemu.


Singkat cerita forum dimulai, pada saat itu salah satu senior menjelaskan dengan detail, apa, untuk apa, bagaimana, sampai ke outputnya dari forum ini apa dengan penuh antusias dan keyakinan, nampaknya dengan segala penjelasan kawan kawan paham karena penjelasan dari beliau begitu cakap dan terstruktur, nampak juga dari raut muka yang lain memperhatikan dengan seksama setiap kata demi kata yang keluar dari lisan beliau, pun juga saya.


Saya dengan buku yang penuh dengan coretan yang  ada didalamnya, menulis apa-apa saja yang penting mesti dicatat. Lalu, di ouput dari forum ini beliau menyampaikan agak/untuk mempersiapkan pemimpin masa depan dan didukung dengan yang lain, serta kawan-kawan juga nampaknya sepakat dengan pernyataan tersebut . Cuma, saya sedikit tidak sepaham dengan pernyataan tersebut, dan menuangkan dalam tulisan ini, tak sedikitpun ingin menyinggung siapapun, ini hanya sekedar ketidak sepahaman saya dengan kalimat itu bukan pada personal orangnya.


Mengapa saya tak sepaham? Jikalau pandangan saya yang lebih pas ialah menjadikan allah sebagai pemimpin, kenapa seperti itu? Salah satu ke-“aku”-an bakal membangun nafsu agar orang-orangnya menjadi pemimpin. Padahal menurut hemat saya kelas ini merupakan upaya menghadirkan Allah dalam diri kader/Alumni, coba lirik kepada para Nabi. Apakah kamu berfikir mereka itu pemimpin? Pasti beragam bukan jawabannya. Namun, sependek pemahaman saya mereka ialah follower, Orang- orang yang menyerahkan sepenuhnya diri dipimpin Tuhan.


Coba lihat di sekeliling , lihatlah berapa banyak kerusakan yang terjadi dihimpunan yang disebabkan oleh setan (dirinya) sebagai pemimpin. Lalu sebenarnya apa yang kita banggakan dengan himpunan ini? Kalau tidak belajar mewarisi tugas-tugas nabi?


Kelas ini tidak boleh larut dalam ke-“aku”-an itu, larut dalam diskusi politik ptaktis, posisi saya dimana kanda, kelas NDP berusaha untuk lantang untuk membangun generasi yang berwawasan, sholeh dan mengambil resiko dengan bekal awal membaca dan memahami serta mengimplementasikan apa-apa saja yang ada di bahan rujukan HMI. Tindak selanjutnya kemudian mengupayakan akan menjadi inspirasi bagi lintas generasi, dan pada akhirnya kelas ini berusaha menciptakan “kader” bukan keder ataupun kadir. Oleh karena itu, mari kita sama-sama belajat taat dan berserah diri, dan belajar bergerak dengan berjuangan dengan tuntunan “muraqabah”( lihat: QS.7:3)


mungkin dalam kepenulisan ini masih bnyak pendapat, tak apa silahkan berkomentar..

Terimakasih sudah berkunjung...

Mate

Sungguh terhormat bagi saya, jika Anda datang ke blog ini dan bisa memperoleh banyak hal yang bermanfaat. Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi, maka saya menyajikan beberapa tulisan ke dalam media salah satunya di blog ini, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca. mohon maaf jika dalam penulisan dalam blog saya ini masih berantakan dan terdapat kata kata yang tidak tepat saya mohon maaf sebesar besarnya. Terima kasih telah berkunjung di blog saya ,

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak